Rabu, 10 Oktober 2018

GAMBARAN UMUM MANAJEMEN


KONSEP  DASAR  MANAJEMEN




Definisi Manajemen
Secara etimologi kata menajemen berasal dari Bahasa Latin, yaitu manus yang memiliki arti tangan dan agere yang berarti melakukan. Selanjudnya kedua kata tersebut digabung menjadi satu sehingga menjadi kata kerja managere yang artinya menangani. Dari kata managerekemudian diterjemahkan kedalam Bahasa Inggris dalam bentuk kata kerja to manage, dengan  kata benda management , dan untuk orang yang melakukan kegiatan ini disebut manager. Dan pada  akhirnya, management diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia manajemen atau pengelolaan.

Menurut Encyclopedia of the Social Science :
            Manajemen adalah suatu proses pelaksanaan suatu tujuan tertentu  diselenggarakan dan diawasi.
Menurut Manullang :
            Manajemen adalah seni dan ilmu perencanaan, pengorganisasian, penyusunan, pengarahan, dan pengawasan sumber daya untuk mencapai tujuan yang sudah ditetapkan.
Dari dua definisi sebelumnya dapat disimpulkan bahwa :
            Manajemen adalah proses atau kegiatan yang mengorganisir, mengendalikan suatu proses kerja untuk mencapai tujuan biasanya dilakukan oleh seorang manajer dalam organisasi.

Piramida Organisasi (R. Antoni)



Menurut R. Antoni, manajemen dalam suatu organisasi dapat dibagi menjadi tiga tingkatan, yaitu :
  1. Manajemen Tingkat Atas (Top Management), terdiri dari direktur utama, direktur, dan eksekutif lainnya. Melakukan kegiatan perencanaan strategis, yang mengetahui dampak adanya keputusan mengenai keseluruhan organisasi untuk tahun-tahun yang akan datang.
  2. Manajemen Tingkat Menengah (Middle Management), terdiri dari kepala divisi (kepala bagian) dan kepala cabang. Melakukan kegiatan pengendalian manajemen, yang bertanggung jawab menjadikan rencana menjadi tindakan dan untuk memastikan tercapainya tujuan organisasi.
  3. Manajemen Tingkat Bawah (Low Management), terdiri dari supervisor, mandor, pimpinan kelompok (leader). Melakukan kegiatan pengendalian operasional, yang bertanggung jawab untuk menjalankan rencana yang telah ditetapkan oleh manajemen tingkat menengah.

Tingkatan Manajemen
Tingkatan manajer di dalam organisasi adalah :
1.    Tingkat perencanaan strategis
2.    Tingkat pengendalian manajemen
3.    Tingkat pengendalian operasional


Pentingnya tujuan dalam Manajemen
Setiap kegiatan yang dilakukan manusia diharapkan dapat mencapai tujuan yang diinginkan seperti kita ketahui tujuan dalam managment sangat penting karena tujuan tersebut dapat :
·  Terwujudnya suasana kerjas yang aktif, inofatif, kreatif, efektif, menyenangkan dan bermakna bagi para karyawan atau anggota
·  Terciptanya karyawan atau anggota yang aktif mengemangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, keperibadian, kecerdasan, ahlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat bangsa dan Negara.
·  Terpenuhinya salah satu dari 4 (empat) kopetensi bekerja para anggota serta tertunjngnya kopetensi manajerial para atasan dan anggota sebagai manajer.
·     Tercapainya tujuan yang lebih efektif dan efisien dalam sebuah organisasi.
·  Terbekalinya tenaga profesional dengan teori tentang proses dan tugas administrasi kepemimpinan (tertunjangnya profesi sebagai manajer atau konsultan manajemen).
·   Teratasinya masalah mutu pekerjaan karena 80% adalah mutu para pekerja disebakan karena manajemen.

Manajemen dan Tingkat Informasi
Karakteristik informasi yang diperlukan oleh masing-masing Tingkat Manajemen :
1.      Sumber Informasi : eksternal atau internal.
2.      Lingkup Informasi : global atau parsial.
3.      Kurun Waktu Informasi : jangka panjang atau jangka pendek.
4.      Kelengkapan Informasi : hal-hal pokok atau lengkap.
5.      Kerincian Informasi : ringkas atau detail.
6.      Kerangka Waktu : masa depan atau masa lalu.
7.      Saat Penyajian Informasi : sesuai kebutuhan atau periodik rutin.

Fungsi Manajemen Henry Fayol ( lanjutan )
  1. Planning (Merencanakan), manajer merencanakan apa yang akan dilakukan.
  2. Organizing (Mengorganisasikan), manajer mengorganisasikan untuk mencapai rencana tsb.
  3. Staffing (Menyusun Staf), manajer menyusun para staf untuk melaksanakan rencana yang telah ditentukan.
  4. Directing (Mengarahkan), manajer mengarahkan sumber daya yang ada untuk menjalankan rencananya.
  5. Controling (Mengendalikan), manajer mengendalikan sumber daya yang dimiliki dan menjaganya agar tetap beroperasi secara optimal.

 Peran Manajerial : Mintzberg
1. Peran antar pribadi
            a. Figurehead (kepala)
            b. Leader (pemimpin)
            c. Liasion (penghubung)
2. Peran informasi
            a. Monitor (pemantau)
            b. Disseminator (pewarta)
            c. Spokesperson (juru bicara)
3. Peran keputusan
            a. Enterpreneur (wirausaha)
            b. Disturbance handler (pemecah masalah)
            c. Resource allocator (pembagi sumber daya)
            d. Negotiator (perunding). 

Keahlian Manajer
  1. Keahlian komunikasi, manajer berkomunikasi (menerima dan mengirimkan informasi) dengan bawahan, atasan, manajer lain, dan orang-orang di luar perusahaan, dalam bentuk lisan (laporan, surat, memo, e-mail, dan terbitan berkala) maupun tertulis (komunikasi saat rapat, penggunaan telepon, meninjau fasilitas, dan berbagai kegiatan sosial).
  2. Keahlian pemecahan masalah, manajer memecahkan masalah dengan membuat perubahan-perubahan pada operasi perusahaan sehingga perusahaan dapat mencapai tujuannya.

Pengetahuan Dasar Manajer
  1. Mengerti komputer, mencakup pengertian mengenai istilah-istilah dalam komputer, pemahaman mengenai keunggulan dan kelemahan komputer, kemampuan menggunakan komputer, ddan hal-hal lain yang berhubungan dengan teknologi komputer.
  2. Mengerti informasi, meliputi pengertian bagaimana menggunakan informasi pada tiap tahap dari  prosedur pemecahan masalah, dimana informasi dapat diperoleh, dan bagaimana membagikan informasi kepada orang lain.

Manajer dan Sistem
         Seorang manajer harus mampu memandang organisasinya sebagai suatu sistem.
         Organisasi  terdiri dari sejumlah sumber daya dan sumber daya – sumber daya tersebut bekerja menuju tercapainya suatu tujuan yang telah ditentukan oleh manajemen atau pemilik organisasi.


Sumber :
PPT Pertemuan 3 dan 4 SIstem Informasi Manajemen - Bina Insani - Ibu Herlawati, S.Si., M.M.,
M.Kom.
http://www.sarjanaku.com/2010/06/konsep-dasar-manajemen.html
       http://agung-saifuddin.blogspot.com/2015/03/konsep-dasar-manajemen.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

E-Commerce

PERDAGANGAN ELEKTRONIK A.        PENGERTIAN E-COMMERCE Dalam definisi luas, suatu transaksi bisnis yang menggunakan akses...