KONSEP
DASAR MANAJEMEN
Definisi Manajemen
Secara etimologi kata menajemen berasal dari
Bahasa Latin, yaitu manus yang memiliki arti tangan dan agere yang
berarti melakukan. Selanjudnya kedua kata tersebut digabung menjadi satu
sehingga menjadi kata kerja managere yang artinya menangani.
Dari kata managerekemudian diterjemahkan kedalam Bahasa Inggris
dalam bentuk kata kerja to manage, dengan kata benda management ,
dan untuk orang yang melakukan kegiatan ini disebut manager. Dan
pada akhirnya, management diterjemahkan
ke dalam Bahasa Indonesia manajemen atau pengelolaan.
Menurut Encyclopedia
of the Social Science :
Manajemen adalah suatu proses pelaksanaan suatu tujuan
tertentu diselenggarakan dan diawasi.
Menurut Manullang :
Manajemen adalah seni dan ilmu perencanaan, pengorganisasian,
penyusunan, pengarahan, dan pengawasan sumber daya untuk mencapai tujuan yang
sudah ditetapkan.
Dari dua definisi
sebelumnya dapat disimpulkan bahwa :
Manajemen adalah proses atau
kegiatan yang mengorganisir, mengendalikan suatu proses kerja untuk mencapai
tujuan biasanya dilakukan oleh seorang manajer dalam organisasi.
Piramida Organisasi (R. Antoni)
Menurut R. Antoni,
manajemen dalam suatu organisasi dapat dibagi menjadi tiga tingkatan, yaitu :
- Manajemen Tingkat Atas (Top Management),
terdiri dari direktur utama, direktur, dan eksekutif lainnya. Melakukan
kegiatan perencanaan strategis, yang mengetahui dampak
adanya keputusan mengenai keseluruhan organisasi untuk tahun-tahun yang
akan datang.
- Manajemen Tingkat Menengah (Middle Management),
terdiri dari kepala divisi (kepala bagian) dan kepala cabang. Melakukan
kegiatan pengendalian manajemen, yang bertanggung jawab
menjadikan rencana menjadi tindakan dan untuk memastikan tercapainya
tujuan organisasi.
- Manajemen Tingkat Bawah (Low Management), terdiri dari supervisor, mandor, pimpinan kelompok (leader). Melakukan kegiatan pengendalian operasional, yang bertanggung jawab untuk menjalankan rencana yang telah ditetapkan oleh manajemen tingkat menengah.
Tingkatan Manajemen
Tingkatan manajer di dalam organisasi adalah
:
1.
Tingkat
perencanaan strategis
2.
Tingkat
pengendalian manajemen
3.
Tingkat
pengendalian operasional
Pentingnya tujuan dalam Manajemen
Setiap kegiatan yang dilakukan
manusia diharapkan dapat mencapai tujuan yang diinginkan seperti kita ketahui
tujuan dalam managment sangat penting karena tujuan tersebut dapat :
· Terwujudnya suasana
kerjas yang aktif, inofatif, kreatif, efektif, menyenangkan dan bermakna bagi
para karyawan atau anggota
· Terciptanya
karyawan atau anggota yang aktif mengemangkan potensi dirinya untuk memiliki
kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, keperibadian, kecerdasan,
ahlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat bangsa dan
Negara.
· Terpenuhinya salah
satu dari 4 (empat) kopetensi bekerja para anggota serta tertunjngnya kopetensi
manajerial para atasan dan anggota sebagai manajer.
· Tercapainya tujuan
yang lebih efektif dan efisien dalam sebuah organisasi.
· Terbekalinya tenaga
profesional dengan teori tentang proses dan tugas administrasi kepemimpinan
(tertunjangnya profesi sebagai manajer atau konsultan manajemen).
· Teratasinya masalah
mutu pekerjaan karena 80% adalah mutu para pekerja disebakan karena manajemen.
Manajemen
dan Tingkat Informasi
Karakteristik informasi
yang diperlukan oleh masing-masing Tingkat Manajemen :
1.
Sumber Informasi : eksternal atau internal.
2.
Lingkup Informasi : global atau parsial.
3.
Kurun Waktu Informasi : jangka panjang atau jangka pendek.
4.
Kelengkapan Informasi : hal-hal pokok atau lengkap.
5.
Kerincian Informasi : ringkas atau detail.
6.
Kerangka Waktu : masa depan atau masa lalu.
7.
Saat Penyajian Informasi : sesuai kebutuhan atau periodik
rutin.
Fungsi Manajemen Henry
Fayol ( lanjutan )
- Planning (Merencanakan), manajer merencanakan apa yang akan
dilakukan.
- Organizing (Mengorganisasikan), manajer mengorganisasikan
untuk mencapai rencana tsb.
- Staffing (Menyusun Staf), manajer menyusun para staf untuk
melaksanakan rencana yang telah ditentukan.
- Directing (Mengarahkan), manajer mengarahkan sumber daya yang
ada untuk menjalankan rencananya.
- Controling (Mengendalikan), manajer mengendalikan sumber daya
yang dimiliki dan menjaganya agar tetap beroperasi secara optimal.
Peran Manajerial : Mintzberg
1.
Peran antar pribadi
a. Figurehead (kepala)
b. Leader (pemimpin)
c. Liasion (penghubung)
2.
Peran informasi
a. Monitor (pemantau)
b. Disseminator (pewarta)
c. Spokesperson (juru bicara)
3.
Peran keputusan
a. Enterpreneur (wirausaha)
b. Disturbance handler (pemecah masalah)
c. Resource allocator (pembagi sumber daya)
d. Negotiator (perunding).
Keahlian Manajer
- Keahlian komunikasi, manajer berkomunikasi (menerima
dan mengirimkan informasi) dengan bawahan, atasan, manajer lain, dan
orang-orang di luar perusahaan, dalam bentuk lisan (laporan, surat, memo,
e-mail, dan terbitan berkala) maupun tertulis (komunikasi saat rapat,
penggunaan telepon, meninjau fasilitas, dan berbagai kegiatan sosial).
- Keahlian pemecahan masalah, manajer memecahkan
masalah dengan membuat perubahan-perubahan pada operasi perusahaan
sehingga perusahaan dapat mencapai tujuannya.
Pengetahuan Dasar Manajer
- Mengerti komputer, mencakup pengertian mengenai
istilah-istilah dalam komputer, pemahaman mengenai keunggulan dan
kelemahan komputer, kemampuan menggunakan komputer, ddan hal-hal lain yang
berhubungan dengan teknologi komputer.
- Mengerti informasi, meliputi pengertian bagaimana
menggunakan informasi pada tiap tahap dari
prosedur pemecahan masalah, dimana informasi dapat diperoleh, dan
bagaimana membagikan informasi kepada orang lain.
Manajer dan Sistem
•
Seorang manajer harus mampu memandang organisasinya
sebagai suatu sistem.
•
Organisasi terdiri
dari sejumlah sumber daya dan sumber daya – sumber daya tersebut bekerja menuju
tercapainya suatu tujuan yang telah ditentukan oleh manajemen atau pemilik
organisasi.
Sumber :
PPT Pertemuan 3 dan 4 SIstem Informasi Manajemen - Bina Insani - Ibu Herlawati, S.Si., M.M.,
M.Kom.
http://www.sarjanaku.com/2010/06/konsep-dasar-manajemen.html
http://agung-saifuddin.blogspot.com/2015/03/konsep-dasar-manajemen.html


Tidak ada komentar:
Posting Komentar